Rabu, 19 Agustus 2009

Tutorial Sony Vegas 5.0

Dasar-dasar Editing Sony Vegas

Tutorial Sony Vegas 5.0 Bahasa Indonesia

Keterampilan editing film tidak dimiliki banyak orang jika dibandingkan misalnya dengan keterampilan desain grafis, kemungkinan diantara seratus orang yang familiar dengan utak-atik mesin grafik (semisal Adobe Photoshop), cuma satu diantaranya yang familiar dengan mesin edit video, atau jangan-jangan cuma 0.5 orang (hehehehe… Maaf, ini bukan survey, sekedar perkiraan). Terus terang, salah satu motivasi tulisan ini hanya karena tuntutan beberapa teman Efvier's di Ambon, dan satu teman di Sukabumi. Mungkin belum layak disebut tutorial, tapi setidaknya adalah karakter-karakter tutorial.

Banyak sekali produk editing film, dari yang sekedar apa adanya hingga yang rumit dan komplek. Sony Vegas adalah software editing pengolah video-suara professional yang menurut kebanyakan orang paling simpel, dalam artian mudah digunakan dengan hasil yang tidak kalah atraktif dengan mesin editing lainnya. Soal mudah dan tidaknya tentu tergantung dari kebiasaan. Namun demikian, saya pribadi membuktikan Sony Vegas yang memang paling simpel dan mudah penggunaannya di antara software lainnya. Hasilnya pun tidak kalah memuaskan dengan software lainnya. Slogan “Profesional Digital Video Audio Production Sofware” tentu meyakinkan orang untuk percaya diri dengan mesin ini.

Dengan pengalaman dan pengetahuan saya yang masih minim tentang editing video, saya memberanikan diri untuk memberikan sedikit gambaran tentang dasar-dasar Sony Vegas. Disarankan agar menggunakan kelinci percobaan Sony Vegas 5.0 saja. Sony Vegas sendiri telah meluncurkan seri 9.0. Namun dengan bekal keterampilan seri 5.0 ini tidak ada hal luar biasa untuk melanjutkan ke 9.0 yang selama ini banyak yang mengeluhkan tentang kesulitan instalasinya.

Tampilan Awal Halaman Kosong Sony Vegas 5.0

Pada keadaan seperti, belum ada track video ataupun audio. Cara menambahkannya bisa dengan short cut dengan menekan ctrl+q untuk track audio dan shift+ctrl+q untuk track video.






Toolbars.

Pertama-tama yang wajib diketahui adalah toolbar. Saya hanya memprioritaskan tombol-tombol wajib yan

g sering digunakan pada mesin ini berikut short cut alias jalan pintasnya.Bagi yang familiar short cut Windows semisal ctrl+n, ctrl+s, ctrl+x, ctrl+y dan lain sebagainya dapat digunakan dalam mesin ini.


Berikut tombol-tombol penting yang bagi yang benar-benar mulai dari nol. Lebih baik kalo langsung dipraktekkan di depan lembaran Sony Vegas 5.0. Bagi yang belum punya silahkan download di sini
New; Membuat halaman baru kosong. Dalan keadaan ini belum ada track vidio ataupun audio

O
pen; membuka project atau media file berupa berbagai format gambar, video, suara; mp3 midi, wav dll).

Sa
ve; Untuk menyimpan. Ini hanya menyimpan project. File yang disimpan akan berupa “veg”.

Cut; Mengapus dan mengkopi trek, untuk kemudian dapat di-paste di trek yang sama ataupun trek halaman yang berbeda.

Co
py; Mengkopi event, untuk kemudian dapat di-paste di trek yang sama ataupun trek halaman yang berbeda

Paste:
biasa, menyalin event.

U
ndo; Membatalkan pekerjaan terakhir. Dalam hal ini, pekerjaan yang dilakukan sejak awal pembukaan halaman dapat dibatalkan. (ctrl+z)

Re
do; Membatalkan pekerjaan terakhir yang dilakukan Undo. (ctrl+y)


Auto Ripple
, jika toolbar ini diaktifkan, maka event secara otomatis akan mengikuti potongan event yang di-drop/gampangnya ditarikpindah, sehingga kalau kita mau menarik suatu potongan tidak perlu menari track sesudahnya.

Automatic Crossfades
; jika toolbar ini aktif, maka akan terjadi fade otomatis. Untuk mengaktifakannya bisa menggunakan (ctrl+d)



Masih ada beberapa tombol utama yang ikonnya mohon maaf tidak dapat dimasukkan di sini karena alasan teknis dan kebodohon, hehehe... seperti Ignore Event Grouping; apabila toolbar ini aktif, maka akan menyebabkan setiap event atau potongan track akan terpisah pada saat ditarik.Selection Tool; berfungsi apabila kita hendak memilih, atau istilah umumnya memblok semua.

Demikian posting pertama ini. Segera akan disusul selanjutnya.



0 komentar: